Unduh Adobe Flash player
Di sini temen-temen bisa dapatkan ilmu yg bermanfaat mulai dari tips-trick, hacker and cracker, masalah instalasi, jaringan,service HP, pembelajaran wajib,software,templats,tutorial,you tube dan masih banyak lagi yg penting ada kemauan untuk bisa, mari kita belajar sama-sama bersama saya munawir usman temen-temen bisa hubungi saya melalui Nomor HP pribadi saya 087763395633

MUNAWIR USMAN TKJ SMK N 2 SELONG

petak artikel


  • google
  • [ - Munawir Usman - ]
  • Merancang Desain Website Seperti Kartunama
    10 Juli 2012 by Munawir Usman in Label:

    merancang_desainweb_kartunama
    Ya kamu tidak salah membaca, kita akan merancang desain website kartunama. Sekarang ini sedang tren di luar sana karena gaya visual nya yang biasanya minimalis dan to the point. Sehingga waktu loading yang di butuhkan lebih cepat di banding website portfolio biasa.

    Sebelum kita memulai mendesain untuk website (jenis apa saja, tidak hanya web kartunama ini) kita perlu mengunduh template grid yang sudah menjadi standar jaman sekarang, yaitu 960 Grid System. Dengan menggunakan grid ini kita di bantu, karena ukuran lebar website kita pasti aman di resolusi monitor manapun (dari 1024 x 768 ke atas), dan juga untuk mempermudah proses pengkodingan nantinya.
    Mengapa website kartunama? well, selain tren, cara penggunaan website ini juga mudah, tidak banyak embel-embel sana sini dan konsep bentuk nya yang mini sangat menarik dan berbeda, seperti kartunama tetapi online. Biasanya hanya terdiri dari 3-4 menu utama saja, walaupun ada juga yang hanya 1 menu (halaman about saja). Ok, jika sudah siap semua, mari kita mulai! :D

    Langkah 1

    Buka template 960 gs yang sudah kamu unduh tadi di photoshop. Untuk website jenis ini, saya menggunakan tipe 12 kolom.
    rancangwebkartunama_tutsfile1

    Langkah 2

    Buat background dengan menggunakan Rectangle Tool (U). Sisakan bagian atas tetap kosong, karena kita akan membuat 2 bidang background.
    rancangwebkartunama_tutsfile2
    Duplikasi layer ‘back1′ sehingga menghasilkan layer ‘back1 copy’, ubah nama layer nya menjadi ‘back2′. Lalu pindahkan ke bawah layer ‘back1′ dan geser ke atas sehingga menghasilkan bidang background yang kedua.
    rancangwebkartunama_tutsfile3

    Langkah 3

    Gunakan Rectangle Tool lagi dan buat bidang berwarna putih sebagai dasar konten web ini. Atur supaya bidang ini pas berada di tengah dokumen. (caranya mudah tinggal menghitung grid kiri dan kanan lalu samakan jumlahnya). Perhatikan juga pengorganisasian layer kamu, gunakan folder dan namakan setiap layer. Ingat, mungkin saja bukan kamu nantinya yang melakukan proses koding, jadi lebih baik buat dokumen ini mudah di mengerti.
    rancangwebkartunama_tutsfile4
    Selanjutnya membuat bagian bawah bidang konten dengan Rounded Corner. Tetap gunakan Rectangle Tool, tekan icon Rectangle Tool sampai muncul list bentuk-bentuk yang bisa kita gunakan, lalu pilih Rounded Rectangle.
    Sengaja saya buat terpisah supaya nanti jika konten nya banyak (memanjang ke bawah), maka kita tinggal mengatur shape Rounded Rectangle saja yang masih bersifat vektor dengan sangat mudah.
    rancangwebkartunama_tutsfile5

    Langkah 4

    Kita akan membuat efek seperti kertas berlipat dari dalam background. Buat bidang diantara layer ‘back1′ dan ‘back2′ dengan menggunakan Rounded Rectangle Tool.
    rancangwebkartunama_tutsfile6
    Lalu buat bayangan lipatan nya, masih dengan menggunakan Rounded Rectangle Tool, setelah itu lakukan Masking pada layer tersebut. Cara Masking adalah pilih layer yang mau di masking > klik kanan > Create Clipping Mask.
    rancangwebkartunama_tutsfile7rancangwebkartunama_tutsfile8
    Buat juga bayangan untuk sisi kanan dengan teknik yang sama, sehingga hasil yang kamu dapat akan menjadi seperti dibawah ini.
    rancangwebkartunama_tutsfile9

    Langkah 5

    Supaya tidak terlihat kaku, maka kita akan memberikan efek dimensi di dalam bayangan tersebut. Dobel klik layer bayangan tersebut dan berikan Style Gradient Overlay. Aplikasikan juga pada sisi bayangan yang satu lagi, jangan lupa merubah arah gradient nya sehingga terlihat natural.
    rancangwebkartunama_tutsfile10rancangwebkartunama_tutsfile11

    Langkah 6

    Selanjutnya kita membuat bayangan untuk bidang putih, yang perlu di perhatikan adalah intensitas bayangan, jangan terlalu terlihat sekali, cukup sedikit saja dengan pengaturan Opacity. Jadi efek yang di hasilkan akan terlihat lebih lembut dan natural.
    Gunakan Soft Brush (B) karena lebih mudah di kontrol dan tidak kaku, daripada langsung memberikan efek Drop Shadow biasa.
    rancangwebkartunama_tutsfile12

    Langkah 7

    Berikan dimensi pada background dengan menggunakan Soft Brush. Buat layer baru, lalu langsung masking di atas layer ‘back1′. Setelah itu kamu tinggal mem-brush :P dari kiri ke kanan.
    rancangwebkartunama_tutsfile13

    Langkah 8

    Sekarang background yang kedua, di bidang ini kita akan memberikan efek cahaya seolah-olah ada di belakang area konten. Caranya masih sama dengan langkah 7.
    rancangwebkartunama_tutsfile14

    Langkah 9

    Buat tombol menu utama. Untuk saat ini saya menggunakan 3 menu saja, yaitu About, Works dan Contact. Gunakan Rounded Rectangle Tool dan atur posisi nya sehingga jarak setiap tombol sama persis.
    rancangwebkartunama_tutsfile15

    Langkah 10

    Berikan Layer Style pada ketiga tombol tersebut. Yang pertama kita akan menggunakan Gradient Overlay, untuk menghasilkan dimensi (supaya tidak flat), dan yang kedua kita menambahkan Stroke, agar tombol terlihat lebih tajam. Ikuti pengaturan di bawah ini, lalu Copy Layer Style (caranya : pilih layer tombol > klik kanan) ke setiap tombol.
    rancangwebkartunama_tutsfile16rancangwebkartunama_tutsfile17
    Saya memutuskan untuk mengatur ulang bentuk tombol menjadi seperti di bawah ini. Menggunakan warna merah pada tombol yang sedang aktif dan warna abu-abu muda untuk yang tidak aktif.
    rancangwebkartunama_tutsfile18

    Langkah 11

    Namakan tombol tersebut dengan Type Tool, saya menggunakan font Georgia Bold Italic dan setelah itu beri efek Drop Shadow supaya lebih jelas.
    rancangwebkartunama_tutsfile20rancangwebkartunama_tutsfile19

    Langkah 12

    Buat dimensi pada bagian konten area dengan menggunakan Rounded Rectangle Tool, lalu Masking Shape tersebut dengan Gradient.
    rancangwebkartunama_tutsfile21rancangwebkartunama_tutsfile22

    Langkah 13

    Sekarang saatnya kita mengisi bagian konten tersebut, saya menggunakan gaya yang minimal saja. Gunakan foto atau avatar kamu, lalu atur tata letak tulisan.
    Yang perlu di ingat adalah ukuran font pada body text, sekarang ini standar nya adalah 14 point, memang 12 point masih terbaca, tetapi saya tidak mau menyulitkan orang yang melihat website kartunama ini.
    rancangwebkartunama_tutsfile23

    Hasil Akhir

    Selanjutnya tinggal membereskan tiap bagian, saya berusaha membuat nya se-simpel mungkin. Untuk bagian Works, langsung menampilkan portfolio, jika di klik akan muncul LightBox lengkap dengan judul projek. Dan yang terakhir bagian Contact, langsung menampilkan form kontak.
    Kamu bisa mengganti bagian Contact, dengan icon social media, seperti Facebook, Twitter dan lain nya untuk memudahkan orang mengontak dan berteman dengan kamu.
    rancangwebkartunama_tutsfile24
    rancangwebkartunama_tutsfile25
    Yak! kita sudah selesai, tinggal merapihkan dokumen (menamakan layer dan mengatur folder) lalu siap untuk di berikan ke web developer/programmer, atau lebih baik lagi kalau kamu bisa melakukan pemrograman sendiri.

    Posting Komentar

    Popular Posts